//

Menelusuri Kekayaan Sejarah Lapangan Banteng Jakarta

Sumber: hipwee.com

Terletak di jantung kota Jakarta, Lapangan Banteng, dengan makna budayanya yang dinamis dan banyaknya pameran, berdiri sebagai bukti narasi sejarah kota ini.

Sebuah destinasi populer bagi penduduk lokal dan wisatawan, tempat luas yang terletak di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat ini, telah berkembang seiring berjalannya waktu, memainkan peran penting dalam perjalanan Indonesia menuju kemerdekaan.

Baca: Mengungkap Layang-Layang Kaghati Kolope Kuno Indonesia

Revitalisasi Lapangan Banteng pada tahun 2018 telah mentransformasikannya menjadi objek wisata yang menawan, menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi bagi mereka yang mencari perpaduan antara sejarah dan rekreasi.

Mari kita telusuri sejarah menarik dari Lapangan Banteng.

Permadani Sejarah Lapangan Banteng.

Berdiri sejak zaman Hindia Belanda, lokasi ini seluas 230 x 250 meter ini telah menjadi saksi berbagai peristiwa bersejarah.

Arti penting lapangan tersebut semakin dipertegas dengan hadirnya monumen Pembebasan Irian Barat yang merupakan simbol perjuangan dan kemenangan Indonesia atas kekuatan kolonial.

Awalnya dikenal sebagai Waterlooplein atau Waterloo Square pada masa kolonial Belanda, lapangan ini mendapat julukan “Lapangan Singa” karena terdapat patung singa yang menghiasi bagian tengahnya.

Patung ini memperingati kemenangan Belanda atas Perancis di Waterloo, Belgia, pada tahun 1815.

Selain patung singa, tempat ini juga pernah menjadi lokasi patung Pendiri Batavia pada tahun 1876, namun pendudukan Jepang pada tahun 1942 menyebabkan hancurnya seluruh patung yang ada di lapangan.

Maju ke tahun 1963, Presiden Soekarno mendirikan Monumen Pembebasan Irian Barat untuk menghormati para pahlawan Operasi Tri Komando Rakyat (Trikora) yang berhasil membebaskan Irian Barat dari kekuasaan Belanda.

Monumen yang menyerupai sosok manusia tegap dengan ekspresi wajah menjerit ini berdiri tegak sejak diresmikan pada 17 Agustus 1963 dan tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari lanskap tersebut.

Perubahan Nama Lapangan Waterloo Menjadi Lapangan Banteng.

Sebelum dibangunnya patung Trikora seberat 8 ton, Lapangan Banteng mempunyai beberapa nama, dengan nama yang paling umum adalah “Lapangan Singa” karena adanya patung singa.

Namun setelah merdeka, Presiden Soekarno menolak penggunaan nama “Singa” karena dianggap terlalu erat kaitannya dengan kolonialisme Belanda.

Demi mendapatkan nama yang lebih disukai Indonesia, Presiden Soekarno memilih “Banteng”. Perubahan nama ini mencerminkan keinginan untuk melepaskan asosiasi kolonial dan merangkul simbol kekuatan Indonesia.

Jam Operasional Lapangan Banteng.

Bagi yang berencana berkunjung ke Lapangan Banteng, berikut jam operasionalnya:

Senin sampai Jumat: 05:00 – 18:00

Sabtu: 05:00 – 11:00

Minggu: 14:00 – 18:00

Baca juga: Pelestarian Harta Karun Tenun Bali

Fasilitas di Lapangan Banteng.

Memiliki lokasi yang strategis di dekat Monas, Istana Kepresidenan, Masjid Istiqlal, dan Katedral, tempat ini telah menjadi tempat favorit warga Jakarta yang mencari relaksasi setelah hari yang sibuk. Fasilitas yang tersedia antara lain:

  • Area parkir
  • Lapangan sepak bola
  • Ruang hijau
  • Toilet
  • Tempat Istirahat
  • Fasilitas olahraga
  • Tempat bermain anak-anak

Kesimpulannya, Lapangan Banteng lebih dari sekedar ruang publik; Film ini merangkum sejarah Jakarta dan menjadi bukti ketahanan dan tekad bangsa pada saat-saat penting.

Ini merupakan perpaduan dinamis antara masa lalu dan masa kini, menjadikannya pusat budaya bagi siapa pun yang ingin menyelami kekayaan warisan Indonesia. (E.A)

7 Comments

  1. Hi my loved one I wish to say that this post is amazing nice written and include approximately all vital infos Id like to peer more posts like this

  2. helloI really like your writing so a lot share we keep up a correspondence extra approximately your post on AOL I need an expert in this house to unravel my problem May be that is you Taking a look ahead to see you

  3. I do agree with all the ideas you have introduced on your post They are very convincing and will definitely work Still the posts are very short for newbies May just you please prolong them a little from subsequent time Thank you for the post

  4. Thanks I have recently been looking for info about this subject for a while and yours is the greatest I have discovered so far However what in regards to the bottom line Are you certain in regards to the supply

  5. My brother recommended I might like this web site He was totally right This post actually made my day You cannt imagine just how much time I had spent for this information Thanks

  6. Usually I don’t read article on blogs, however I wish to say that this write-up very forced me to check
    out and do it! Your writing style has been amazed me.
    Thank you, very great post.

    my blog – vpn special

Leave a Reply

Your email address will not be published.