//

Prestasi Gemilang Indonesia di ASEAN Tourism Awards 2024

Sumber: travelmaker.id

Prestasi gemilang Indonesia dalam ASEAN Tourism Awards 2024 menandai sebuah pencapaian luar biasa bagi industri pariwisata negara ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengekspresikan apresiasinya terhadap kontribusi hotel-hotel Indonesia yang berhasil memenangkan sejumlah penghargaan prestisius dalam empat kategori.

Baca: Bali Duduki Peringkat Kedua di Tripadvisor Travellers Choice Awards 2024

Acara berlangsung di Vientiane, Laos, pada tanggal 27 Januari 2024.

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari upaya kolaboratif antara pemangku kepentingan dalam industri pariwisata di Indonesia.

Sandiaga Uno menyampaikan rasa bangganya atas partisipasi aktif hotel-hotel Indonesia dalam ASEAN Tourism Awards 2024, yang dianggapnya sebagai hasil kolaborasi yang berhasil mengangkat nama Indonesia di dunia internasional.

Penghargaan langsung dari Pemerintah Laos, selaku penyelenggara utama ATF 2024, memberikan pengakuan yang sangat dihargai terhadap prestasi para pemenang.

ASEAN Tourism Awards sendiri merupakan inisiatif dari negara-negara anggota ASEAN sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi pelaku pariwisata dalam mengembangkan destinasi unggul dan berkualitas.

Sandiaga Uno, dalam keterangannya, mengungkapkan harapannya bahwa penghargaan ini dapat mempercepat terwujudnya visi ASEAN sebagai destinasi tunggal.

Selain sebagai bentuk apresiasi, penghargaan ini juga menjadi indikator bahwa promosi sektor pariwisata Indonesia semakin mendunia, mengamplifikasi citra Indonesia sebagai destinasi pilihan utama di kawasan ASEAN.

Indonesia, dengan kekayaan budaya dan alam yang beragam, telah lama menjadi daya tarik utama bagi jutaan pengunjung setiap tahunnya. Dengan ASEAN Tourism Awards 2024, diharapkan industri pariwisata negara ini akan terus tumbuh dan berkembang.

Daftar lengkap pemenang dalam empat kategori penghargaan menunjukkan keragaman destinasi unggulan Indonesia, dari Ubud Gastronomy di Bali hingga Surabaya dan Balikpapan sebagai Clean Tourist City, serta sejumlah hotel seperti Safari Resort di Bogor dan Nihi Sumba di NTT yang meraih ASEAN Green Hotel Award.

Pencapaian gemilang ini juga menjadi titik cerah bagi Indonesia sebagai tuan rumah dua event internasional hasil kerjasama dengan UN Tourism di tahun 2024.

Baca juga: Kuliner Indonesia Terpilih sebagai Destinasi Kuliner Terbaik ke-6 oleh TasteAtlas

“Indonesia Tourism Investment Forum” di Jakarta dan “The Regional Conference on Women Empowerment in Tourism” di Bali diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Kesuksesan ini tidak hanya meriahkan dunia pariwisata Indonesia, tetapi juga menunjukkan peran aktif negara dalam mendukung kemajuan global dalam sektor pariwisata. (AN)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.