/

Rangkul Ekowisata di Surga Bali

Bali, sebuah pulau yang memesona dengan banyak tempat untuk dijelajahi, mengundang pengunjung dengan alamnya yang menakjubkan dan kekayaan budayanya. 

Setiap tahun, jutaan wisatawan, baik domestik maupun internasional, berduyun-duyun ke destinasi kecil namun mempesona ini. 

Namun, lonjakan pariwisata ini juga membawa peningkatan polusi yang memprihatinkan, terutama sampah plastik. Untuk melestarikan lingkungan dan mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab, wisatawan harus berhati-hati dan menerapkan praktik berkelanjutan selama kunjungan mereka.

Tapi jangan takut! Bali tetap menjadi pulau yang wajib dikunjungi seumur hidup kamu, terutama jika kamu peduli dengan alam dan lingkungan. Ada banyak kegiatan ramah lingkungan yang akan membuat kamu terkagum-kagum. 

Baca: Tri Hita Karana: Filosofi Bali untuk Pariwisata Berkelanjutan

Aktivitas Pantai: 

Pantai-pantai terkenal di Bali, seperti Kuta dan Seminyak, menawarkan berjemur, berenang, dan berselancar. Untuk pengalaman yang lebih terpencil, kunjungi Sanur, Amed, atau Lovina.

Snorkeling & Diving: 

Jelajahi dunia bawah laut Bali yang menakjubkan di Blue Lagoon, cocok untuk pemula, atau kunjungi Tulamben dan Teluk Lipah untuk menemukan bangkai kapal yang tenggelam dan melihat penyu di Taman Karang Menjangan.

Mendaki: 

Mulailah mendaki Gunung Batur yang tak terlupakan untuk pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Untuk tantangan yang lebih besar, taklukkan Gunung Agung atau jelajahi Taman Nasional Bali Barat, rumah bagi spesies burung langka.

Bersepeda:

Sewa sepeda dan jelajahi lanskap Bali yang indah, dengan Ubud yang menawarkan keindahan alam dan pengalaman budaya, atau jelajahi sawah terasering Tabanan.

Lifestyle Retreats & Yoga: 

Segarkan tubuh dan pikiran kamu melalui yoga, meditasi, perawatan spa, dan program kesehatan yang ditawarkan oleh eco-retret di seluruh pulau.

Baca juga: Akomodasi Ramah Lingkungan di Bali

Eksplorasi Budaya: Benamkan diri kamu dalam budaya Bali dengan mengunjungi pura yang indah seperti Pura Tanah Lot dan Ulun Danu Beratan, menyaksikan tarian tradisional, mencicipi masakan lokal, dan mendukung pengrajin lokal.

Untuk mengurangi sampah selama kunjungan kamu, ingatlah untuk menghindari plastik sekali pakai, pilih akomodasi dan transportasi yang ramah lingkungan, dan buang sampah secara bertanggung jawab.

Bentang alam yang menakjubkan dan budaya yang semarak menanti kamu. Dengan merangkul aktivitas ramah lingkungan dan mengadopsi praktik perjalanan yang bertanggung jawab, kita dapat memastikan pelestarian surga ini untuk generasi mendatang. 

Jadi kemasi tas kamu, tinggalkan hanya jejak kaki, dan mulailah perjalanan yang tak terlupakan melalui keajaiban Bali.

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.