///

Makanan ‘Eco-Friendly’ Masa Depan Ditemukan Ilmuwan Finlandia

Berita baik di Good Shot Indonesia kali ini datang dari sebuah perusahaan start up di Finlandia yang menemukan cara untuk menghasilkan makanan kaya protein hanya dengan menggunakan udara, air dan listrik.

Startup Solar Foods yang berbasis di Helsinki mengatakan proses netral karbonnya tidak bergantung pada cuaca, irigasi, atau bahkan daratan. “Ilmu pengetahuan itu seperti magic tetapi real,” kata Pasi Vainikka, Solar Head Exclusive.

Jadi bagaimana cara pembuatannya, makanan dibuat di dalam ruangan menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh NASA untuk mempertahankan kehidupan manusia di Mars di masa depan. Makanan ini terdiri dari 50 persen protein, dan tampak juga terasa seperti tepung, Solein dibuat melalui proses yang mirip dengan menyeduh bir. Dimana mikroba hidup dimasukkan ke dalam cairan dan diberi makan dengan karbon dioksida dan hidrogen yang dilepaskan dari air melalui elektrolisis.

Mikroba kemudian menciptakan protein, yang dikeringkan untuk membuat bubuk makanan. Vainikka menggambarkan metode produksinya sebagai “panen baru untuk rakyat”. Solein 100 kali lebih ramah iklim daripada hewan atau alternatif nabati apa pun, dan menurut Vainikka juga salah satu pendiri perusahaan, Dr Juha-Pekka Pitkänen, mereka melaporkan bahwa memproduksi satu kilogram Solein hanya membutuhkan sebagian kecil dari air yang dibutuhkan untuk menghasilkan protein konvensional.

Makanan itu diperkirakan akan diluncurkan secara komersial tahun depan dan muncul dalam produk-produk seperti yogurt dan makanan protein dalam dua tahun.

[Sumber: Good News Network]
Good Team

12 Comments

  1. I may need your help. I tried many ways but couldn’t solve it, but after reading your article, I think you have a way to help me. I’m looking forward for your reply. Thanks.

  2. Reading your article helped me a lot and I agree with you. But I still have some doubts, can you clarify for me? I’ll keep an eye out for your answers.

Leave a Reply

Your email address will not be published.