//

4 Kebiasaan Baik di Pagi Hari

Apakah kamu pernah merasa seperti kamu hanya menjalani roda kehidupan, tidak pernah benar-benar mengalami atau menikmatinya? 

Apakah kamu menemukan diri kamu melakukan banyak tugas dan melakukan percakapan dalam pikiran kamu sementara orang lain berbicara kepada kamu, tidak pernah benar-benar mendengar apa yang mereka katakan? 

Menjalani kehidupan dimana kamu betul-betul hadir dengan penuh perhatian mungkin tampak menantang, tetapi hal itu dimungkinkan dengan beberapa praktik sederhana yang bisa kamu lakukan sebelum kamu memulai harimu di pagi hari.

Pertama, penting untuk selalu fokus ketika kamu melakukan sesuatu. Meluangkan beberapa saat setiap pagi untuk melatih mindfulness dapat berdampak besar pada hari kamu. Saat kamu menjalani rutinitas sehari-hari, cobalah untuk memusatkan semua perhatian kamu pada aktivitas yang sedang kamu lakukan. Misalnya, saat menyikat gigi, perhatikan baik-baik detail tugas: rasa bulu sikat di gigi, rasa pasta gigi, suara sikat di gigi. 

Dengan mengarahkan perhatian kamu pada sensasi tersebut, kamu dapat melatih pikiran kamu untuk lebih hadir dan sadar sepanjang hari. Ini membantu kamu untuk tetap terlibat dengan dunia di sekitar kamu dan menghargai saat-saat kecil penuh kegembiraan yang mungkin tidak diperhatikan sebelumnya. Jadi, alih-alih tenggelam dalam pikiran tentang masa lalu atau masa depan, biarkan diri kamu sepenuhnya tenggelam dalam momen saat ini dan nikmati pengalamannya.

Kedua, luangkan waktu untuk berdiam diri. Meluangkan waktu untuk berdiam diri selama 10 menit setiap pagi dapat menjadi alat yang ampuh untuk menjadi lebih aware. Selama waktu ini, perhatikan baik-baik dialog batin kamu dan amati setiap dorongan untuk berbicara atau segera bereaksi terhadap pertanyaan. 

Alih-alih, biarkan diri kamu be in the moment tanpa tekanan atau merasa harus berbicara untuk mengisi keheningan. Dengan berdiam diri, kamu menciptakan ruang untuk refleksi dan kesadaran diri yang dapat mengarah pada interaksi yang lebih bermakna dengan orang lain sepanjang hari.

Ketiga, fokus pada keheningan. Berfokus pada keheningan bisa menjadi alat yang ampuh untuk membawa kamu untuk hadir di masa sekarang atau be present in the now. Namun, dibutuhkan fokus yang penuh perhatian untuk mengalihkan perhatian kamu dari obrolan 

mental yang seringkali memenuhi ruang kepala dan sepenuhnya hadir di present moment

Salah satu cara efektif untuk melakukan ini adalah dengan mendengarkan ruang di antara kata-kata saat seseorang berbicara. Dengan melakukan itu, kamu bisa menjadi lebih perhatian dan hadir dalam percakapan. Kamu juga dapat menjadikan ini sebagai latihan rutin dengan menghabiskan beberapa menit pertama setiap pagi dalam keheningan, mendengarkan suara-suara di sekitar kamu dan berfokus pada saat ini. 

Kamu juga dapat melakukan latihan ini kapan pun kamu merasa kewalahan oleh gangguan atau ingin me-grounding diri kamu. Melalui latihan yang konsisten, kamu dapat menumbuhkan rasa kesadaran dan perhatian yang lebih besar, membantu kamu menjalani kehidupan yang lebih memuaskan dan bermakna.

Terakhir, narasikan kegiatanmu. Untuk menumbuhkan kesadaran yang lebih besar, membawa perhatian kamu ke momen saat ini dengan menarasikan kegiatanmu dalam pikiran atau secara verbal dapat membantu. 

Narasikan secara detail apa yang kamu lakukan, misalnya, jika kamu mengetik di komputer, perhatikan dan ucapkan (dalam pikiran atau secara verbal) sensasi jari kamu menekan tombol dan bunyi yang dihasilkannya. Amati posisi tubuh kamu, tekstur permukaan kursi kamu, dan kualitas cahaya di dalam ruangan. 

Dengan secara sadar mengarahkan perhatianmu ke kegiatan yang kamu lakukan, kamu dapat mengembangkan kesadaran yang lebih dalam tentang lingkungan dan keadaan internalmu, menumbuhkan rasa tenang dan keterhubungan. Cobalah teknik ini selama beberapa menit setiap hari, atau setiap kali kamu merasa terganggu atau kewalahan.

Hidup dengan penuh perhatian dan be in the now dapat menjadi tantangan, tetapi praktik ini dapat membantu kamu mencapai keberadaan yang lebih penuh perhatian dan pengalaman hidup yang lebih kaya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.