/

Revolusi Hijau Beroda: Bus Listrik di India

Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Di tengah hiruk pikuk jalanan, aroma rempah-rempah, dan permadani warna-warni, India sedang bersiap menuju masa depan yang lebih cerah dan bersih. 

Menyadari pentingnya pelestarian lingkungan dan pengendalian polusi udara, pemerintah federal telah menyetujui dana sebesar $7 miliar untuk proyek transformatif berskala nasional. 

Misi mereka adalah untuk melengkapi kota-kota terpadat di negara ini dengan bus listrik.

Selama berabad-abad, kota-kota yang berkembang pesat di India telah dilanda oleh kualitas udara yang buruk, dan gas buang kendaraan menjadi penyebab utamanya. 

Dengan jutaan orang yang bergantung pada transportasi umum setiap hari, peralihan dari bus yang menggunakan bahan bakar diesel ke bus listrik yang ramah lingkungan merupakan langkah yang disambut baik. 

Baca: Upaya Inovatif The Ocean Cleanup

Hal ini tidak hanya merupakan bukti komitmen India terhadap lingkungan namun juga menjanjikan pengurangan jejak karbon negara secara signifikan.

Berbicara mengenai keputusan penting ini, Menteri Penerangan Anurag Thakur menguraikan pendekatan multi-segi dari skema ini. 

Penerapan bus listrik akan dibarengi dengan pengembangan infrastruktur pengisian daya yang penting, sehingga memastikan konektivitas dan operasional yang lancar. 

Bagian terbaiknya adalah hal ini akan menjadi upaya kolaboratif antara pemerintah dan sektor swasta, memastikan keahlian dan efisiensi di setiap langkah.

Pergerakan bus listrik bukanlah suatu dorongan yang tiba-tiba, melainkan respons terhadap permintaan yang terus meningkat. 

Perdana Menteri Modi, sejalan dengan tuntutan ini, telah memusatkan inisiatif ini dan membuka pintu bagi produsen bus listrik di seluruh dunia untuk mengajukan penawaran kontrak pemerintah. 

Dengan melakukan hal ini, India memastikan integrasi teknologi dan inovasi kelas dunia ke dalam sistem transportasi publiknya.

Selain proyek bus listrik, kabinet India juga memberi lampu hijau pada tujuh proyek jalur kereta api. 

Dengan investasi sebesar 3,25 juta lakh rupee, proyek-proyek ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dan mobilitas di sembilan negara bagian India. 

Seiring dengan pertumbuhan kota dan peningkatan populasi, pentingnya keterhubungan dan sistem transportasi yang efisien tidak dapat dipungkiri lagi.

Namun, pergerakan global menuju transportasi listrik tidak hanya terjadi di India. Di Amerika Serikat, di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden, telah mengalokasikan $1,7 miliar dari dana infrastruktur tahun 2021 untuk pembuatan dan akuisisi 1.700 bus listrik atau bus rendah emisi. 

Baca juga: Marriott International Indonesia dan Solar Chapter Atasi Krisis Air Bersih di Desa Tafuli

Langkah ini diharapkan memberikan manfaat bagi kota-kota di 46 negara bagian.

Sebagai bagian dari visi Amerika yang lebih luas untuk melistriki jalan raya perkotaan, Departemen Transportasi (DoT) secara aktif berupaya mengembangkan solusi angkutan umum yang lebih ramah lingkungan dan bersih. 

Dengan proposal hibah yang diterima sekitar $8 miliar, Departemen Perdagangan siap memberikan hibah infrastruktur angkutan listrik kepada kota-kota sebesar $5 miliar selama tiga tahun mendatang.

Dorongan terhadap penyediaan bus listrik mewakili lebih dari sekadar kemajuan teknologi; tapi juga melambangkan kesadaran kolektif global mengenai kesejahteraan planet kita.

17 Comments

  1. … [Trackback]

    […] There you can find 21089 more Info on that Topic: goodshot.id/revolusi-hijau-beroda-bus-listrik-di-india/ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.