//

Peneliti Australia Ciptakan Hidrogen Hijau Dari Air Laut

Peneliti Australia telah membuat terobosan dengan memecah air laut untuk menciptakan hidrogen hijau tanpa memerlukan pra-perawatan. Dipimpin oleh Profesor Shizhang Qiao dan Associate Professor Yao Zheng dari University of Adelaide, tim teknik kimia internasional termotivasi oleh fakta bahwa bahan bakar hidrogen mengeluarkan air, menjadikannya sumber energi yang bersih dan berkelanjutan.

Dengan menggunakan katalis yang murah dalam proses pengelektrolisis komersial, tim tersebut mampu memecah air laut alami menjadi oksigen dan hidrogen dengan efisiensi hampir 100 persen, menghasilkan hidrogen hijau melalui elektrolisis. Mereka mencapai ini tanpa proses pra-perawatan apa pun seperti desolasi osmosis balik, pemurnian, atau alkalisasi.

Associate Professor Zheng menjelaskan bahwa kinerja air laut mereka dengan katalis oksida kobalt dan kromium oksida sebanding dengan katalis platinum/iridium mahal yang bekerja dalam bahan baku air deionisasi yang sangat murni. Dia juga mencatat bahwa peningkatan permintaan hidrogen sebagai alternatif bahan bakar fosil akan secara signifikan meningkatkan kelangkaan sumber daya air tawar, menjadikan air laut sebagai sumber daya yang hampir tak terbatas untuk produksi hidrogen.

Elektrolisis air laut masih dalam pengembangan awal, dibandingkan dengan elektrolisis air murni, karena reaksi samping elektroda dan korosi yang timbul dari penggunaan air laut. Namun, karya para peneliti memberikan solusi untuk memanfaatkan air laut secara langsung tanpa sistem pra-perawatan dan penambahan alkali, yang menunjukkan kinerja serupa dengan elektroliser air murni berbasis logam yang ada.

Associate Professor Zheng juga menyebutkan bahwa elektroliser tradisional membutuhkan air yang tidak murni untuk diolah ke tingkat kemurnian air, yang meningkatkan biaya pengoperasian dan proses maintenance. Dengan memanfaatkan air laut secara langsung, proses produksi green hydrogen menjadi lebih efisien dan hemat biaya.

Penggunaan air laut sebagai sumber daya yang hampir tak terbatas untuk produksi hidrogen berpotensi merevolusi industri energi dan berkontribusi pada masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.