//

Mahasiswa Menciptakan Toilet yang Mengubah Kotoran Manusia Menjadi Energi

good shot id

One man’s trash is another man’s treasure. Hal inilah yang terjadi di salah satu sekolah Korea Selatan, kotoran satu orang adalah uang orang untuk lain.

Penemuan toilet yang mengkomposkan kotoran manusia dan mengubahnya menjadi biogas metana untuk digunakan dalam sistem energi sekolah membuat para siswa di sana mengevaluasi kembali sampah yang belum pernah ada sebelumnya, karena jumlah sampah yang mereka sumbangkan ke tagihan listrik dikembalikan kepada mereka dalam bentuk crypto currency.

Pikiran kotor di balik penemuan brilian itu adalah Cho Jae-weon, seorang profesor teknik perkotaan dan lingkungan di Institut Sains dan Teknologi Nasional Ulsan (UNIST), yang bersikeras bahwa umat manusia dapat memecahkan semua jenis masalah jika kita berpikir “out of the box”.

Dikenal sebagai toilet BeeVi, daimbil dari kata “lebah” dan “penglihatan”, toilet kompos menggunakan vakum yang kuat untuk menarik kotoran ke dalam tangki pengomposan, sehingga menghilangkan semua penggunaan air. Selanjutnya, bakteri memecah kotoran dan metana disalurkan ke sel bahan bakar oksida padat yang menggerakkan beberapa fungsi bangunan seperti pemanas air panas.

Rata-rata, kotoran manusia setiap hari dapat menghasilkan sekitar 0,5 kilowatt jam listrik.

“Jika kita berpikir out of the box, kotoran memiliki nilai yang sangat berharga untuk dijadikan energi dan pupuk. Saya telah memasukkan nilai ini ke dalam sirkulasi ekologis,” kata Cho kepada Reuters.

beevi-toilet good shot id

Di samping BeeVi, Cho menciptakan token digital, yang disebut “Ggool,” atau madu dalam bahasa Korea, yang dapat diperoleh siswa dengan menggunakan toilet. Mereka kemudian dapat mengambil pembiayaan kotoran mereka dan membelanjakannya untuk kopi dan barang-barang lainnya di kafetaria sekolah.

“Saya hanya pernah berpikir bahwa kotoran itu kotor, tetapi sekarang itu adalah harta yang sangat berharga bagi saya,” kata mahasiswa pascasarjana Heo Hui-jin kepada Reuters, dalam percakapan yang cukup tidak nyaman.

Tonton videonya dibawah ini deh, we think this is really cool!

With love,
Good Team

Original article Good News Network
Photo by Oskar Kadaksoo

Good Team

Platform Berita Positif Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.