Gambar Webb Baru Menangkap Pemandangan Cincin Neptunus Paling Jelas

credit: NASA

Teleskop Luar Angkasa James Webb memamerkan kemampuannya dengan gambar pertama  planet Neptunus. Yang paling mencolok dari gambar baru ini adalah tampilan cincin dinamis planet tersebut yang tajam—beberapa di antaranya belum terlihat sejelas ini, sejak Voyager 2 terbang melintas pada tahun 1989.

Kualitas gambar Webb yang sangat stabil dan presisi juga memungkinkan pengamatan cincin yang sangat redup yang paling dekat dengan Neptunus, dan pita debu planet yang lebih redup lebih jauh. Fitur mencolok lainnya dalam potret Neptunus ini adalah titik cahaya yang sangat terang yang berasal dari Triton, bulan yang paling tidak biasa dari 14 bulan Neptunus yang diketahui, 7 di antaranya dapat dilihat pada gambar.

Terbalut dalam kemilau beku nitrogen kental, bulan Triton memantulkan rata-rata 70 persen sinar matahari yang mengenainya. Ini jauh mengungguli Neptunus karena atmosfer planet ini digelapkan oleh penyerapan metana pada panjang gelombang NIRCam.

Triton mengorbit Neptunus dalam orbit mundur (retrograde), membuat para astronom berspekulasi bahwa bulan ini sebenarnya adalah objek dari Sabuk Kuiper, sabuk asteroid besar yang sepenuhnya mengelilingi tata surya kita, yang ditangkap secara gravitasi oleh Neptunus.

Original article.

11 Comments

  1. I may need your help. I’ve been doing research on gate io recently, and I’ve tried a lot of different things. Later, I read your article, and I think your way of writing has given me some innovative ideas, thank you very much.

Leave a Reply

Your email address will not be published.