/

Forum Keenam Act Local Impact Global: Sektor Pariwisata Goes Green

good shot id

Sejak kuartal kedua tahun 2022, pariwisata masuk pasca-pandemi telah meningkat, dan banyak tujuan telah dibuka kembali, memberikan peluang bagi industri perjalanan untuk menjadi lebih hijau, lebih berkelanjutan, dan lebih inklusif. Peluang ini tidak hanya lebih ramah lingkungan, tetapi juga menyediakan sarana penting untuk memenuhi kebutuhan wisatawan masa kini yang terus meningkat.

Mengingat kenyataan ini, Act Local Impact Global (ALIG) mengadakan forum keenamnya, Restart, setelah sebelumnya menyelenggarakan lima forum yang sukses, dengan tujuan mendidik, memelihara, berbagi, dan membentuk perilaku manusia baru yang ramah lingkungan yang akan membantu membangun masa depan yang berkelanjutan.

Tujuan forum ALIG adalah untuk mempertemukan tokoh-tokoh berpengaruh di sektor pariwisata, perhotelan, dan ekonomi kreatif Indonesia untuk membahas cara mengurangi ketergantungan negara pada plastik sekali pakai dan limbah lainnya, serta menyebarkan berita tentang inisiatif ramah lingkungan yang sudah berlangsung selama ini.

Forum ini dipimpin oleh game-changers yang memotivasi, menginspirasi dan berfungsi sebagai tempat bagi para peserta untuk belajar dari satu sama lain dan berkolaborasi dalam rangka membuat industri pariwisata dan perhotelan lebih berkelanjutan, adil, dan ramah lingkungan.

Forum keenam ALIG berlangsung di Banjar Cemenggaon, Celuk, Sukawati pada Kamis, 27 Oktober 2022. Di forum ini, beberapa pembicara inspiratif dari Bali Hotel Association, EcoHero, Plastic Exchange, Eco Bali, Bye Bye Plastic Bag Bali, Youthtopia, NIU, dan Purpose akan berbagi prakarsa lingkungan positif yang selama ini mereka lakukan.

Robert Ian Bonnick, Committee Lead of Act Local Impact Global, berkata, “Kita memiliki kesempatan untuk menempatkan keberlanjutan, dampak sosial, dan langkah-langkah praktis untuk mencapainya di garis depan pikiran orang-orang. Bersama-sama kita berbagi, membawa kesadaran, dan berkontribusi untuk membentuk perilaku manusia yang positif yang berdampak pada planet dan manusia kita secara berkelanjutan demi kebaikan generasi berikutnya. Ini adalah komitmen dan tindakan kolaboratif untuk rumah kita, Ibu Pertiwi dan satu sama lain.”

Act Local Impact Global pertama kali didirikan pada 31 Agustus 2018, untuk membawa kesadaran di Indonesia & Asia terhadap komitmen global baru yang dibuat oleh para pemangku kepentingan di industri perjalanan, pariwisata, dan kreatif untuk mengurangi ketergantungan mereka pada plastik dan limbah berbahaya lainnya. Tanggapan awal terhadap forum serta forum-forum selanjutnya menghasilkan minat yang begitu tinggi untuk berbagi, mengadopsi perilaku manusia yang baru dan sangat dibutuhkan, serta berkomitmen untuk perubahan positif sehingga ALIG diminta untuk memperluas platform forum di seluruh Asia mulai tahun 2019 .

Setelah rehat selama pandemi COVID-19, ALIG siap untuk melanjutkan forum komunitasnya dengan mempertimbangkan sektor ekonomi kreatif. Untuk itu, mereka telah membentuk “kelompok kerja” kecil untuk terus menggerakkan dan membentuk morning forum ALIG di Bali dan Jakarta, yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan dan pemimpin dari industri perjalanan, pariwisata, perhotelan, dan ekonomi kreatif.

 

8,289 Comments

    WordPress › Error

    There has been a critical error on this website.

    Learn more about troubleshooting WordPress.